Transit 5 Jam di Hong Kong

Penerbangan menggunakan Cathay Pacific untuk jarak jauh kebanyakan akan transit di home base mereka yaitu Hong Kong. Untuk trip ke Jepang kali ini sengaja saya cari jam Transit 5 Jam di Hong Kong agar bisa main ke mainland (pusat kota). Mendarat jam 11.00 waktu setempat langsung menuju imigrasi dan keluar dari arrival area. FYI untuk transit dan mau jalan ke mainland ngga perlu repot2 lapor dan segala macamnya, cukup menunjukkan boarding pass pesawat selanjutnya di imigrasi.

Keluar dari arrival area bisa langsung cari Airport Express counter, biaya normalnya HKD 100 tapi kemarin ini beli yang untuk group of 2 jadinya per orang PP hanya HKD 170 aja, lumayan kan irit HKD 30.

Transit 5 Jam di Hong Kong

Waktu tempuh kereta ni untuk mencapai mainland hanya 24 menit saja dan pada waktu itu kereta cukup sepi. Didepan tempat duduk saya kebetulan juga ada colokan untuk ngecharge (kebiasaan orang jaman sekarang lihat colokan dikit lansung seneng) :p di bagian atas (plafon) kereta seperti pada umunya terdapat petunjuk rute jadi kita bisa tau apakah keretanya masih jauh dari tujuan atau sudah hampir sampai.
Transit 5 Jam di Hong Kong GIE_5965

24 menit lewat akhirnya sampai juga di Hong Kong mainland, kalau tidak salah tiba di Hong Kong station dan diatasnya ada IFC Mall. Sebenernya perut agak laper tapi akhirnya memutuskan untuk keluar dulu lihat2 sekitar IFC Mall. Ternyata selain mall ada pelabuhan di depannya yaitu Central Pier dan ada juga Ferris Wheel di sekitar situ. Baru aja beberapa langkah keluar dari IFC Mall udara dingin menembus jaket, anginnya berhembus lumayan kencang dan suhu disana mencapai 15ºc, lalu saya lihat ada pengamen jalanan yang cukup keren (menurut saya) lengkap dengan soundnya dan yang saya kurang paham adalah alat apa yang dia mainkan tapi bersenandung sangat indah ditelinga.

Transit 5 Jam di Hong Kong GIE_5972 GIE_5985 GIE_5977

Jalan kaki sekitar 5-10 menit sudah sampai di Central Pier, disitu cuma foto2, duduk dan ngeliatin orang mancing haha walaupun kecil dapet aja loh si bapak2 ini mancing. Di dekat loket Ferris Wheel ini ada tempat jual makanan dan minuman yang mungkin disediakan untuk duduk2 menikmati hari, emang enak banget sih nongkrong dan bengong di sekitar central pier ini. Hanya sekitar 25 menitan nongkrong di Central Pier akhirnya memutuskan untuk balik ke IFC nyari makan siang dan ketemu yang ngga terlalu ramai Taiwanese Noodle gitu, rasanya biasa banget di basement menuju ke HK Station.

(click to enlarge)

Perut udah kenyang akhirnya jalan agak jauhan entah kemana itu arahnya tapi ke daerah perkantoran dan pertokoan (10 menitan). Foto2 narsis dipinggir jalan dan clingak clinguk entah lihat apa. Yang keren sih ada tram dengan warna warni berbeda mulai dari yang cute, old dan unik ala ala vintage begitu.

(click to enlarge)

Capek juga jalan jauh, balik ah ke IFC Mall nyari Starbucks! ngga jauh2 emang tempat nongkrong ya coffee shop sambil nunggu waktu buat balik ke HKIA. Anyway buat yang naik Airport Express dan cuma beli one way pas di airport, di IFC mall dijual juga tapi di Customer Service Station bukan di counter Airport Expressnya.

Sampai ke HKIA tepat waktu tetapi ternyata Dragon Air delay selama kurang lebih 45 menit dan cerita sedikit tentang Dragon Air ini sepertinya low cost airlinenya Cathay, jadi ukuran tempat duduk dan interiornya sama seperti kalau naik AirAsia hanya saja di Dragon Air tetap ada makanannya. 😀

2 thoughts on “Transit 5 Jam di Hong Kong

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *