Cara Gampang Bikin VISA Jepang (Update 2018)

Siapa bilang bikin VISA jepang itu susah? Nih saya share cara gampang bikin VISA Jepang. Well coba ya saya inget-inget dulu waktu bikin VISA apa aja sih yang disiapin. Hmmm…

Singkatnya sebelum memutuskan untuk bikin VISA, dimantapkan dulu deh emang mau ke Jepang (ya iyalahhh *jitak diri sendiri*). Ah sudahlah langsung aja tata cara pembuatan VISA Jepang yah. Berikut persyaratan (dokumen) yang kudu wajib dipenuhi!

  1. Paspor
  2. Formulir permohonan visa. [download (PDF)] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  3. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  6. Jadwal Perjalanan [download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)
  7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu)
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
    Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya
    * Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

Perhatian! Dokumen harus disusun sesuai urutan No. 2 – 8 sebelum diserahkan di loket.

(UPDATE 2017-2018)

Setelah semua dokumen lengkap, silahkan deh bikin janji dengan dateng ke Kedutaan Jepang di Jalan MH Thamrin No.24, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350. Japan Visa Application Center di Lotte Shopping Avenue melalui link ini.

Melalui link yang sudah saya berikan diatas, kalian bisa bikin appointment dengan pihak JVAC, mulai dari kapan janji temu, kapan pengambilan dan kapan mesti bayar2. Biaya total yang dikeluarkan sekitar Rp. 500.000 an.

Waktu saya ngurus VISA Jepang, saya dateng ke Kedutaan jam 09.00 WIB tepat, ambil nomor antrian dan nunggu sekitar 45 menit sampai giliran dipanggil, pas di counternya sih ga sampai 5 menit nyerahin dokumen trus bisa ditinggal dan kembali lagi sesuai dengan tanggal yang disebutkan oleh petugas (3-4 hari kerja).

Oh ya, sebagai informasi tambahan untuk yang dari luar kota bisa naik Busway dan turun di Halte Sarinah lalu jalan kaki deh. Yang naik Go-Jek atau semacamnya bisa berhenti di Plaza Indonesia dan jalan kaki kesana karena motor ngga boleh lewat jalan itu. Yang membawa mobil bisa parkir di Plaza Indonesia atau Grand Indonesia karena masih 3 in 1 sampai dengan jam 10.00 WIB.

3 hari berikutnya…

Saya datang kembali sesuai dengan hari yang diinformasikan oleh petugas. Pengambilan VISA dimulai dari pukul 13.30 WIB – 15.00 WIB. Kembali mengambil nomor antrian dan menunggu kurang lebih 30 menit sampai akhirnya dipanggil, cek ricek VISA dan PASSPORT yang diberikan lalu membayarkan uang sejumlah Rp. 330.000. Jrenggg jrenggg dapet deh VISAnya.

VISA JEPANG

Ngurus VISA Jepang sendiri gampang deh pokoknya! Yuk cepetan rencanakan perjalanan kalian ke Jepang!

Butuh informasi lebih lanjut? boleh kok coret-coret kolom komentar dibawah nanti saya bantu jawab sebisa mungkin. Info detail mengenai VISA Jepang bisa langsung dilihat dari websitenya Kedutaan Jepang disini.

Salam Jalan Jalan,
Ogie

One thought on “Cara Gampang Bikin VISA Jepang (Update 2018)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *