Berapa Sih Budget Liburan ke Eropa?

by Si Ogie
Budget Liburan ke Eropa
Strolling Around in Paris

Seringkali orang menganggap berlibur ke Eropa itu mahal, ribet dan segala macam ketakutan. Nah pada postingan kali ini saya mau sharing tentang budget liburan ke Eropa. Tapi sebelumnya saya ingin menekankan bahwa budget yang akan dibahas adalah berdasarkan kebutuhan dasar yang saya keluarkan, jadi mungkin bisa berbeda dengan yang orang lain tulis.

Okeee mari kita mulai ya! Udah siap? 😆.

Tiket Pesawat ke Eropa

Budget Liburan ke Eropa

Jaman now a.k.a jaman sekarang ini harga tiket pesawat ke Eropa sudah banyak yang sering promo. Contohnya saya yang waktu itu ke Eropa mendapat tiket Qatar (full service airlines) seharga 5jt pulang-pergi. Murah banget kan? Rutenya adalah Jakarta – Paris lalu Helsinki – Singapore, jadi mesti beli tiket lagi dari Singapore – Jakarta pakai AirAsia yang waktu itu dapat harga cuma 300rb aja 🤩. Jadi rajin-rajinlah hunting tiket atau pantengin tuh OTA (Online Travel Agent), biasanya setiap habis tanggal gajian, mereka suka promo gledek!

Baca juga: Ngerinya Mengurus VISA SCHENGEN

Biaya Mengurus Visa Schengen

Selain tiket pesawat, saat ini ke Eropa masih membutuhkan visa yang dapat digunakan untuk memasukki lebih dari 20 negara yaitu Visa Schengen. Biaya pengurusan Visa Schengen ini dari awal sampai akhir adalah 1,3jtan jika mengurus sendiri. Akan berbeda jika menggunakan jasa travel agent 😁

Harga Hotel di Eropa

source: booking.com

Nahhh! Ini dia yang biasanya paling ditakutin sama temen-temen yang suka ngobrol bareng. Mereka berpikir bahwa kalau ke Eropa itu pasti hotelnya muahal. Jadi belum apa-apa sudah jiper alias takut duluan. Begini penjelasan saya kepada mereka-mereka yang bilang hotel di Eropa mahal.

Hostel / Dormitory / Ranjang Susun yang 1 ruangan bisa berisikan 10 orang atau lebih, itu seharga 350rb – 400rb per orang / malam. Sedangkan kamar hotel sekelas Ibis Budget dengan ukuran ranjang double bed dan private bedroom layaknya hotel pada umumnya, hanya seharga 700rb – 750rb / malam. Mirip kan sama hotel di Indonesia yang kelasnya ditengah-tengah (middle)? Pilih mana hayo? 😄Malah ada hotel dengan kamar mandi dalam yang harganya 500rban kok per malam untuk 2 orang.

Biaya Makan di Eropa

Ngomongin makanan sebenernya balik lagi ke perut masing-masing. Kalau saya waktu itu untuk menghemat, seringkali makan street-food seperti kebab karena harganya murah dan porsinya besar.

Budget Liburan ke Eropa
Kebab di Paris

Tuh lihat di gambar, porsi kebabnya gede banget dan super bikin kenyang untuk 2 orang dan harganya cuma €5 atau 80rb-an aja kurang lebih. Jadi per orang cuma 40rb-an aja. Dengan harga segitu untuk makan di Eropa, menurut saya sudah cukup murah. Mungkin ada yang lebih murah yaitu roti tapi ngga yakin kenyangnya tahan lama. 😄Untuk makanan lain seperti Crepes itu harganya kisaran €4 (60rb-an) tergantung topping yang kamu pengen.

Saya pernah 1x coba sarapan pagi ala Paris (biar ngerasain aja gitu 😝) di cafe-cafe ala france pinggir jalan besar gitu, menguras kantong sebanyak €42 (hampir 800rb). Menu sarapannya hot chocolate, sandwich, french fries dan egg kalo tidak salah untuk 2 orang. Pilihan lain adalah makan junk food semacam burger king gitu harga per orang €5 jadi berdua €10 (160rb-an). Sudah kebayang ya?

Oh ya untuk berhemat juga, saya membawa Indomie 1 lusin 😂, teko listrik, dan tempat makan lock&lock (untuk makan Indomie). Lalu siasat lainnya adalah belanja ke supermarket dan beli makanan yang sudah dipack seperti bento tapi isinya lebih seperti daging dengan kuah kari dan sejenisnya, harganya lupa berapa tapi cukup murah dibanding makan junk food.

Budget Liburan ke Eropa

Baca juga: Brussels, Kota Kecil yang Menyenangkan

Lokasi Wisata di Eropa

Banyak sekali lokasi wisata yang gratis dan berbayar di Eropa. Pilihan ada di kita sendiri apakah ingin memasukki semuanya atau tidak. Kalau saya ngga semua, contoh di Louvre saya hanya berfoto-foto di depannya saja karena biaya masuknya yang agak mahal dan saya juga bukan terlalu penyuka seni yang gimana banget.

Untuk harga wisata tiap kota di Eropa yang ingin didatangi biasanya saya cukup googling saja ke website resmi mereka masing-masing, jadi ngga akan saya tuliskan di sini ya.

Budget Liburan ke Eropa

Transportasi di Eropa

Untuk tiap negara di Eropa punya tarif transportasi yang berbeda-beda, tapi sebagai bayangan saya kasih contoh di Paris ya. Di Paris itu MRT / Metro / Subwaynya bertarif €1.70 jarak jauh atau pun dekat sama. Sedangkan jika di Belanda / Amsterdam itu ada tourist pass / GVB yang harganya €17.50 untuk 3 hari / orang. Ada baiknya sebelum kalian ke negara yang dituju, dicari tau dulu apakah di negara tersebut ada tourist pass sehingga transport akan jauh lebih murah dibandingkan jika kita beli tiket ketengan / satuan / per-perjalanan.

Budget Liburan ke Eropa

Lalu jika berencana untuk pindah negara misalnya dari Perancis ke Belgia lalu ke Belanda, akan ada lagi biaya tambahan seperti bus antara negara / kereta antar negara yang harganya bervariasi, jika mau baca-baca bisa cek di thalys.com / omio.com. Sebagai informasi, harga tiket kereta cepat dari Paris ke Brussels €80 (1,2jt-an) untuk 2 orang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Baca juga: Ngga Kebayang Bisa Honeymoon ke Paris

Kesimpulan

Dari harga-harga yang saya jabarkan di atas tentunya temen-temen sudah dapat menghitung berapa kira-kira biaya atau budget yang harus disiapkan untuk liburan ke Eropa. Cara yang biasa saya lakukan biasanya ambil biaya rata-rata makan per 1x makan lalu kalikan 3 (jika makan sehari 3x) lalu dikalikan jumlah hari pergi. Cara ini berlaku untuk menghitung biaya hotel dan lainnya.

Contoh lainnya adalah waktu saya honeymoon ke Paris, saya menghabiskan kurang lebih 17jt untuk 2 orang selama 15 hari meliputi 5 negara (5 kota). Budget yang saya keluarkan tersebut diluar harga tiket pesawat, tiket kereta antara negara dan cruise.

Yang perlu diingat, belilah tiket pesawat negara eropa, kereta antar negara, bus antara negara jauh-jauh hari karena semakin dekat hari keberangkatan, semakin mahal harganya.

Akhir cerita, semoga informasi ini berguna untuk temen-temen yang sedang merencakan liburan ke Eropa. Jika ada hal yang kurang jelas dan ingin ditanyakan silahkan corat-coret di kolom komentar, saya akan dengan senang hati memberikan info.

Cheers,
Ogie

You may also like

8 comments

Si Ogie
Nurul Dwi Larasati February 3, 2020 - 12:00 pm

17 juta berdua aja, kebayang kalau yg ber 4 kayak saya ,,.

Reply
Si Ogie
Si Ogie February 3, 2020 - 12:12 pm

^^ Iya kak harus ada budget lebih kalau sudah bawa buntut. Sebentar lagi juga saya berbuntut, bakalah beda hitungan. Budget saya membengkak karena banyak masuk tempat wisata dan coba-coba makan di restoran mahal, sempet kejebak juga di restoran yang mahal hahahaha. Ya pengalaman sih.

Mungkin lebih enak hitungnya dari budget ketengan makan dan transport, jangan patokan sama budget total yang saya keluarkan. Lagipula saya 15 hari kak. Lumayan lama ^^

Reply
Si Ogie
twindry February 6, 2020 - 2:33 pm

buset 17 jeti doank 15 hari. lebih mahalan jepaaaaaannnggggg. 15 hari di jepang kebayang bengkaknya nih dompet ahahah

Reply
Si Ogie
Riza Firli February 22, 2020 - 7:09 am

17 hari lumayan puas ya lama juga..untung ada indomie penyelamat bangsa ya jadinbs lebih hemat..
Btw promo tiketnya lumayan ya gledekk

Reply
Si Ogie
Bara Anggara February 25, 2020 - 9:54 pm

thanks bro. jadi acuan bgt nih.. ada rencana ke eropa tapi blm dlm waktu dekat ini.. setidaknya dari sekarang mulai bisa bikin estimasi dan tentunya mulai nabung hihi..

-Traveler Paruh Waktu

Reply
Si Ogie
Marievolsta July 29, 2021 - 9:56 am

Bro, kalau tiket dulu beli dimana? kok bisa murah? penerbangan pertama ke negara mana?

Reply
Si Ogie
Si Ogie July 29, 2021 - 10:12 am

Bro, baca dulu diatas udah saya tulis hehe.

Reply
Si Ogie
Si Ogie July 29, 2021 - 10:13 am Reply

Leave a Comment