Jalan Jalan ke Phuket (part 1)

Howdee everyone, setelah hampir 3 minggu menunda menulis mengenai phuket trip karena kesibukan akhirnya saya sekarang ini menyempatkan diri untuk berbagi dengan kalian semua para travellers dimana pun berada 😀 (cie elah macam udah terkenal aja). Di part 1 ini saya akan membahas 4 point yaitu:

  • Bagaimana bisa sampai ke phuket?
  • Pantai-pantai apa saja yang keren dan wajib dikunjungi?
  • Kehidupan malam dibangla road.
  • Dan pada akhirnya saya akan meringkasnya dikesimpulan (Kayak karya tulis aja).

Okey now let’s begin the first one “Bagaimana bisa sampai ke Phuket?”

Bicara mengenai bagaimana cara bisa sampai phuket itu sebenarnya ngga perlu dijelaskan yah? Tinggal cari aja tiket pesawat tujuan phuket, selesai. Tapi bukan itu yang mau saya bahas, melainkan lokasi dimana tepatnya phuket, dan kenapa memilih phuket?! Phuket (bahasa Thailand: ภูเก็ต) adalah sebuah pulau dan juga sebuah provinsi (changwat) Thailand. Pulau ini dilayani oleh Bandara Internasional Phuket, yang terletak di bagian utara pulau. Pulau wisata yang terkenal akan pantainya yang indah ini mengalami kerusakan parah setelah dilanda bencana tsunami pada akhir tahun 2004.

Saya memilih phuket karena terkenal akan pantai yang bagus dan memiliki beberapa tempat wisata yang bersejarah serta menarik seperti Wat Chalong, Big Buddha, Prompthep Cape, etc. Tujuan ke phuket bukan hanya ingin jalan-jalan semata tetapi juga ingin menambah koleksi foto-foto landscape saya. Tidak hanya memiliki tempat wisata yang bagus-bagus, masyarakat di phuket pun sangat ramah-ramah sekali terlebih orang travel agent yang saya pilih untuk mengantar saya kemana pun saya mau.

Kami tiba di Phuket dengan pesawat Jetstar berangkat dari singapore, tiket pesawat yang saya dapat waktu itu adalah sekitar IDR 600.000. Setibanya di bandara kami sudah dijemput oleh driver yang memang sudah kami booking seminggu sebelumnya melalui email dan telpon, nama driver kami adalah Mr. Pong yang bisa dihubungi di nomor +66876236505. Biaya jasa Mr. Pong terbilang cukup murah, hanya 1000B/hari sudah termasuk driver dan bensin seharian penuh. Hari pertama kami masih berkeliling untuk ke beberapa tempat wisata karena hari berikutnya kami sudah mulai melaut (nelayan kali ah… :p). Untuk tour de phiphi island kami memilih Miss Ladda dari The Big Boss Tour yang bisa dihubungi melalui email: billyladda@windowslive.com / HP: +66894847070, kami mendapatkan harga yang cukup murah dari beliau yaitu 1200B/orang sudah termasuk transportasi dari hotel ke pelabuhan, snokel equipment, makan siang, dan snack.

Pantai-pantai yang wajib dikunjungi!

Phiphi Island Tour adalah salah satu dari wisata laut yang paling terkenal di phuket, rasa kurang lengkap jika ke phuket tetapi tidak ikut tour ini. Tour ini meliputi beberapa tempat yaitu phiphi don, monkey cave, viking cave, dan beberapa pulau kecil lainnya.

Phi phi island 1
Phi phi island 1
Phi phi island 2
Phi phi island 2
Phi phi island 3
Phi phi island 3

Selain phi phi island, masih ada beberapa pantai yang bagus untuk dikunjungi. Patong beach, pantai yang paling ramai disebut juga kawasan untuk “gila-gilaan” atau party hard atau apapun itu. Jika disamakan dengan yang ada di Indonesia, Patong beach memiliki kesamaan dengan pantai kuta yang ada di Bali sana bahkan bisa dibilang mirip sekali mulai dari jalanannya, keramaiannya, ragam makanannya, dan tidak ketinggalan ragam turis manca negaranya XD.

Patong Beach
Patong Beach

Banyak orang bilang bahwa Patong Beach adalah pantai terbagus yang ada di phuket, menurut saya itu adalah salah besar karena saya menemukan pantai yang lebih bagus yaitu bernama Karon Beach tentunya berada diwilayah Karon (bagian bawah dari Patong). Ditempat ini saya ditanya oleh seorang bule “kamu suka tempat ini?” lalu saya jawab “tentu saja tempat ini sangat tenang, beda dengan patong yang sangat ramai” lalu si bule kembali berkata “wah kalau patong sih tempatnya orang-orang gila”. Dari percakapan diatas mungkin teman-teman sudah bisa memutuskan akan pergi kemana jika tiba diphuket nanti, untuk yang mau party “gila-gilaan” tentu saja pergi ke Patong Beach, tetapi jika ingin mencari ketenangan tentu saja bisa ambil kebawah sedikit misalnya Karon, Kata, atau bahkan yang paling bawah yaitu Naiya Harn Beach.

Karon Beach
Karon Beach
Kata Beach
Kata Beach

Karon beach adalah pantai yang sangat bersih sekali tidak ada yang namanya karang, kerang, sampah apalagi!, dan jika menginjak pasir dengan telanjang kaki rasanya seperti berjalan diatas tepung terigu (silahkan dicoba sendiri naik pesawat tercepat kesana sekarang juga jika tidak percaya hehehe). Berenang dan berjemur di Karon beach tidak mengenal waktu, sangat tenang sekali bisa-bisa tertidur dibawah pancaran sinar matahari sore. Kata beach, pantai ini juga bagus dan tenang tetapi masih kalah sepi dan bersih oleh Karon. Begitu juga Naiya Harn beach sama dengan Kata Beach, lebih ramai karena banyak restoran dan merapat dengan sebuah hotel megah.

Naiya Harn Beach
Naiya Harn Beach
Naiya Harn Beach 1
Naiya Harn Beach 1

Kehidupan malam di Bangla Road!

Bangla Road 1

Bangla road adalah sebuah nama jalan paling ujung dari Patong beach dimana kehidupan “malam” yang sebenarnya banyak akan kita temui mulai dari lady boy, real lady, gay, etc etc etc! Di bangla road kita akan banyak sekali menemukan bar-bar yang terbuka dan beberapa night club. Pada saat memasukkin areal masuk bangla road, kita seringkali akan ditawari paket-paket pertunjukkan “menarik” yang disebut agogo, kenapa menarik? karena pertunjukkan yang di pertontonkan lain dari pada yang lain 😀 seperti merokok dengan menggunakan “anu” nya wanita, lalu tarian erotis, dan masih banyak lagi!. Pada pertunjukkan agogo ini, kalian diperbolehkan untuk melihat terlebih dahulu selama 5 menit, jika kalian suka maka kalian boleh duduk dan membeli minuman, harga minuman pun lebih mahal dari biasanya, 1 botol bir bisa seharga 800B dan masing-masing orang harus kudu wajib membeli minuman (tidak boleh 4 orang, hanya beli 1 bir) :p. Biasanya jika kalian menolak, kalian akan ditanyakan kenapa tidak mau? tinggal bilang saja bahwa minuman kemahalan nanti biasanya akan dimurahin tuh jadi 500B dan saya rasa worth it sekali bagi yang belum pernah menontonnya. Oh ya jangan sampai salah pilih tempat yah! karena di sepanjang bangla road ada sekitar 4-5 club agogo tetapi hanya 1 yang bagus (pengalaman pribadi survey tempat :p). Jika males survey kalian masuklah ke club agogo pertama disebelah kiri jalanan masuk bangla road (masuk dari arah patong beach) biasanya orang-orang yang menawarkan di daerah itu pasti membawa kalian ke agogo pertama. Club agogo terletak tersembunyi dibelakang bar, biasanya kalian akan diajak masuk ke dalam bar yang ada meja billyard dan karaoke terlebih dahulu jadi jangan kaget akan diculik ya :D.

Bangla Road 2
Bangla Road 3

Sedikit clue saja jika berada di bangla road, deket-deket deh sama orang bule disana karena mendadak mereka suka membunyikan lonceng yang artinya dia traktir 1 shot minuman orang disekitar mereka hahaha seru khan?!. Next diujung bangla road sudah mulai restoran dan cafe biasa dan kebetulan disalah satu jalan kecil kami melihat kerumunan orang dan begitu dilihat ternyata ada sekelompok orang sedang menari :).

Bangla Road 4

Pembahasan lebih detail akan dibahas di Phuket Trip PART 2. Jangan lupa juga untuk melihat postingan mengenai ringkasan budgeting untuk perjalanan phuket ini (segera di publish).

note: Biaya yang dikeluarkan dari trip ini bisa dilihat di postingan Phuket Travel Expenses.

One thought on “Jalan Jalan ke Phuket (part 1)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *