Cara Perpanjang STNK Secara Online Selama Pandemi CoViD-19

by Si Ogie

Halo temen-temen, apa kabarnya? Masih bertahan #dirumahaja kan? Kalau iya, berarti kalian orang yang luar biasa. Karena banyak banget orang diluar sana yang ternyata masih ngga terlalu perduli sama pandemi ini dan masih maksain ke mall dan ke pasar demi belanja baju baru menjelang lebaran 😭. Seperti sia-sia bagi kita yang bertahan di rumah aja supaya pandemi ini cepat berakhir. Well anyway 😂, sorry jadi kebawa suasana. Pada postingan kali ini saya mau berbagi cerita bagaimana cara saya perpanjang STNK mobil secara online selama pandei CoViD-19 ini. Memang benar adanya bahwa denda keterlambatan mengurus STNK ditiadakan karena adanya pandemi ini, tetapi menurut saya akan lebih baik jika segera diurus kan? Apalagi sekarang sudah gampang banget cuma pakai smartphone aja bisa.

Cara Perpanjang STNK Secara Online

Pertama-tama untuk pengguna Android dapat mengunduh aplikasi SAMSAT ONLINE yang ada di Google Playstore ya, sedangkan pengguna iPhone monmaap nih belum ada aplikasinya 😅.

Perpanjang STNK Online - siogie.com

Nah setelah download aplikasi SAMSAT ONLINE, buka aja aplikasinya lalu isi formnya secara lengkap, ngga banyak kok yang diisi, hanya Nama, Plat Nomor, Nomor Rangka akhiran, Email aja. Nih sesuai dengan capture yang saya kasih ya.

Perpanjang STNK Online - siogie.com

Setelah semua diisi, klik lanjutkan dan akan terbuka halaman konfirmasi data, jika sudah benar silahkan klik SETUJU untuk nantinya mendapatkan kode bayar.

Perpanjang STNK Online - siogie.com
Perpanjang STNK Online - siogie.com

Nah setelah dapat kode bayar, kita diharuskan membayar via ATM. Cara membayarkannya di ATM bisa dilihat di aplikasi SAMSAT ONLINE juga pada bagian ‘Cara Pembayaran’, nanti akan ada panduan lengkapnya. Oh iya, kode bayar ini hanya berlaku 2 jam, jadi pastikan sebelum 2 jam sudah kita bayarkan ke ATM. Lalu untuk STNK barunya akan dikirimkan ke alamat rumah yang tertera di STNK.

Gimana? Gampang banget kan perpanjang STNK dengan cara Online, cukup duduk manis dan jalan sedikit ke ATM, semua beres. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Cheers,
Ogie

You may also like

6 comments

Si Ogie
riza firli May 19, 2020 - 5:44 pm

pingin tau bayarnya berapa ihh.. malah di sensor si Ogie..
πŸ˜€ gimana sih

Reply
Si Ogie
Si Ogie May 19, 2020 - 6:04 pm

Haha punya orang itu Za, bukan punyaku.

Reply
Si Ogie
Utari ninghadiyati May 21, 2020 - 3:34 pm

Yah bisa dipakai buat ganti plat nggak. Pas banget harus ganti plat.

Reply
Si Ogie
Destiany Prawidyasari May 22, 2020 - 2:42 pm

Waah terima kasih banyak sharingnya mas. Kalo kemarin saya baru bayar pajak motor aja via online pake aplikasi Sambara, terus bayarnya via Tokped karena pas mau bayar pake ATM gagal melulu. Tapi kemarin untuk cetak kertas pajaknya yang baru harus tetep offline ternyata, walau sebenernya ngga ada tenggat waktu karena masa pandemi ini.
Tapi kalo perpanjang STNK ini bisa online sampai dikirimi juga ya STNKnya? Apa ini juga berikut dengan plat nomornya yg baru ya?

Reply
Si Ogie
Si Ogie May 25, 2020 - 9:17 am

Untuk plat baru, aku belum tau bisa atau engga. Karena aku cuma perpanjang STNK aja.

Reply

Leave a Comment