Ikutan Restorasi Sepeda MTB Jadul #demam26

by Si Ogie

Ikutan Restorasi Sepeda MTB Jadul #demam26

Kira-kira 3-4 bulan yang lalu, gue ngebet banget kepengen punya sepeda MTB Jadul seperti Federal untuk dijadikan sepeda komuter atau commuter bike. Yang bikin ngebet sebenernya karena temen-temen gue yang lain kebanyakan sudah pakai sepeda dengan ban gede, entah itu commuter bike, road bike, gravel bike dan lainnya, sedangkan saat itu gue hanya punya sepeda lipat dengan ban kecil. Kalau lagi sepedaan apalagi jarak jauh, naik sepeda lipet ban kecil itu capeknya 2 kali lipat. Dengan alasan itulah akhirnya memberanikan diri untuk minta ijin ke istri tercintah untuk belanja sepeda bekas MTB jadul dengan ukuran ban 26.

Singkat cerita, dapetlah gue frame jadul ukuran ban 26 dengan harga yang cukup murah. Awalnya sih cari yang siap gowes, jadi bisa cepet-cepet commuting pake sepeda itu, entah untuk kerja atau sekedar gocapan (gowes cari sarapan) sama temen-temen. Tapi eh tapi, ternyata sepedanya ngga terlalu nyaman untuk segera dipakai dan dari segi safetynya agak kurang, melihat dari kondisi parts terutama ban luar yang sudah retak-retak cukup parah.

Restorasi Sepeda MTB Jadul

Sekitar 80% dari sepeda ini harus diupgrade / diganti / direstorasi. Yang tersisa dari bawaan aslinya hanya frame, stem dan stang aja. 😅 Sisanya ya harus diganti baru. Nungguin partsnya pun gue bertahap, ngga langsung beli semuanya, kurang lebih 1-2 bulan gitu ngumpulin partsnya. Sebagian parts juga dikasih sama temen *lumayanlah mengurangi pengeluaran 🤩.

Restorasi Sepeda MTB Jadul

Daftar Parts Baru Sepeda MTB Jadul:

  • Velg Araya 26
  • Ban Kenda Kwick 26×1.95
  • Jari-jari
  • Shifter Shimano Jadul 7 Speed
  • RD Shimano Tourney Jadul
  • FD Shimano 42T
  • Handgrip non brand
  • Crank Shimano 3 Speed 48T
  • Sprocket 7 Speed Pacific
  • Brakeset Pacific V-Brake
  • Saddle Syte
  • Commusket
  • Rack Depan
  • Bearing untuk hub
  • BB kotak

Oh iya, sebelum gue rakit ulang ini sepeda, gue bebersih dulu, trus ganti decal baru sama gue semprot clear lagi pake spray paint Samurai, alasannya ya biar si karat bagian karatan ngga makin karat dan cat ijonya tetep bertahan. Gue memang ga ada rencana untuk repaint sih.

Baca juga: https://siogie.com/menikmati-suasana-jogjakarta-dikala-memperingati-hari-kemerdekaan.htm

Setelah semua parts terkumpul, gue pun minta tolong temen gue untuk bantu proses perakitannya. Perakitan kurang lebih memakan waktu 2 harian karena waktu itu masih ada parts yang kurang ya 😆.

Restorasi Sepeda MTB Jadul

Penantian pun akhirnya selesai, sepeda udah kelar dirakit ulang dan gue cukup puas dengan hasilnya, secara budget pas-pasan, ya ekspektasi juga ga boleh terlalu tinggi kan ✌🏻😂 yang terpenting sepeda ini aman untuk dikendarai dan nyaman juga. Sepeda ini mungkin udah nemenin gue gowes sampai 500KM +- di tahun 2020. Semoga aja ada rejeki bisa diupgrade lagi biar tambah nyaman atau malah diganti lagi dengan yang baru? hahahahha.

Cerita sepedaan gue yang lain bisa cek di https://www.youtube.com/playlist?list=PLmvVei49OCiCgWPKw2t_mRvY9icXXgOIm

Ciao,
Ogie

You may also like

7 comments

Si Ogie
farid January 9, 2021 - 3:56 pm

Kelihatan cakep om…
jadi pengen garap sepeda di gudang, tapi belum ada duitnya, hehe…

Reply
Si Ogie
Si Ogie January 13, 2021 - 5:38 am

Dicicil aja om, beli parts 1-1 pas ada dana lebih. Saya aja kumpulin parts 1 bulan lebih. hehehe. Semangat

Reply
Si Ogie
Riza Firli January 9, 2021 - 5:26 pm

Nonton video vlog nya yang ini…sepedanya jadi cakep ya 🙂

Reply
Si Ogie
Si Ogie January 13, 2021 - 5:38 am

Iya donggg. masa jadi tambah jelek wkkw. Thanks za.

Reply
Si Ogie
Nasirullah Sitam January 12, 2021 - 11:26 am

Mas, frame sepedamu kok bagus ya hahahhah. Jari mupeng liatnya hahahahah.
Mungkin biar lebih ringan, ganti bannya yang ukuran 1.50 mas, pilih yang batiknya halus biar di jalan aspal lebih ringan. Sekilas bakal dikira hibryd.

Reply
Si Ogie
Si Ogie January 13, 2021 - 5:40 am

Hahaha framenya jadul tapi masih kokoh dan cat bawaanya sengaja tak biarin, karena suka. Aku sengaja pake 1.95 mas biar tetep asik main tanah dan batu hihihi. Memang sih agak berat, tapi seru.

Reply
Si Ogie
D Sukmana Adi February 21, 2021 - 8:02 am

MTB nya sering seliwar seliwer di Story Instagram..malah baru baca lengkapnya disini..11 12 sama sepeda saya nih mas, cuma punya saya gak ada keranjangnya hehehe

Model paling gini memang sepeda asik buat belanja..

Reply

Leave a Comment