Liburan 1 Hari Doang di Jogja? Bisa Banget!

Halo pemirsa! Udah cukup lama kayaknya ya dari terakhir saya nulis tentang trip jalan-jalan. Nah pada postingan kali ini saya mau sharing “liburan” yang cukup singkat di Jogja, soalnya waktu itu sambil ada kerjaan. Okehh langsung ke main coursenya!

1 Agustus saya inget banget jam 06.45 WIB sudah tiba di Bandar Udara Adisutjipto, Jogjakarta. Tiba begitu pagi, perut laper ye kann (balada kalo penerbangan pagi pasti makan cuma seadanya, kadang roti, kadang indomie, kadang nasi goreng *lah berat) 😝. Nanya ke driver kira-kira makanan yang rekomen dan buka sepagi itu apa ya? Di arahkanlah ke Soto Kadipiro. Rasa sotonya enakkk dan anget di perut yang lagi kosong. Sruput-sruput kuah sotonya ditemani oleh kerupuk warung disiram kecap manis 😍*kesukaan.

soto kadipiro jogja

Perjalanan lainnya: Bali Trip May 2011

Habis kenyang terbitlah ngantuk 😴tetapi perjalanan mesti terus dilanjutkan. Destinasi berikutnya adalah Hamzah Batik yang dulunya dinamakan Mirota Batik di jln Malioboro. Karena masih terlalu dini jadi belum buka, alhasil kita diajak “killing time” sama driver mengitari daerah taman sari, keraton dan alun-alun. Singkat cerita sampailah kita di Hamzah Batik buat blenjiblenjisyantik abis itu nyebrang ke pasar beringharjo beli beberapa keperluan tambahan untuk kerjaan. Sembari nunggu yang belanja, saya asik pepotoan aja di pinggir jalan itu. Penampakan aktifitas di sepanjang jalan malioboro selalu menarik untuk “ditangkap” oleh kamera terutama di sekitaran area pasar beringharjo.

liburan singkat jogja

review fujian 35mm f/1.6

review fujian 35mm f/1.6

liburan singkat jogja
Aktifitas jual beli di koridor sepanjang jalan malioboro

Hal lain lagi yang bikin saya betah kalo jalan di malioboro itu karena jajanan tradisional (pasar) yang berlimpah dan bervariatif, diantaranya es cendol sepeda abang-abang, snack-snack kering depan pasar beringharjo bahkan sampe gudeg dan nasi rames ada! (etdah bukan jajan ini mah namanya makan berat😑).

—di garis ini ceritanya lagi kerja—

Selesai kerja jam 19.00 dan bingung mau nongkrong di mana, karena posisi saat itu lagi di magelang dan ngga ada satu pun dari tim yang paham tempat yang enak. Telpon pak driver dan minta diantar balik deh ke Jogja (fyuhhh agak bolak balik ya😦). Sampai Jogja pun cuma bilang ke pak driver bahwa kita pengennya ngopi sambil makan malem dan cus berenti di tempat yang lagi hits bernama Silol Kopi & Eatery. Tempat ini memiliki interior yang klasik dan cukup nyaman dan bisa memuat banyak orang bahkan bisa dijadikan untuk meeting. Begitu masuk ke Silol sudah bisa terlihat ada mobil custom klasik dan vespa beberapa ukuran yang cukup unik.

Variasi makanan di Silol Kopi & Eatery juga cukup banyak dengan harga yang cocok di kantong mahasiswa seperti saya *ngarep 🤤 Contohnya: Chicken Spicy Salad (18K), Fried Fries Spicy with Cheese (18K), Healthy Juice (15K), Red Velvet Latte Ice (22K) dan yang katanya merupakan 1 dari 3 kopi andalan di sini: Syphon (15K). 😍Tuh lihat sendiri harganya, gimana ngga rame ini tempat.

View this post on Instagram

. Recommended…!! . Silol Kopi & Eatery Jl. Suroto 77 / Sabirin 22, Kotabaru, Jogja. Open Daily 24 Hours On . . Reservasi: WA/Tlp 085729427128 / 0274 5012802 . . – Buka 24 Jam – Tempat Luas – Ruang VIP (No Smoking, Ac, Interior Ikon Jogja) – Live Musik – Panggung (Lighting & Sound Berkualitas) – Giant Screen & Proyektor – Meeting Room – Free Wifi – Roofrop (City View) – Parkir Luas . – Mushola . °FB: silol kopi °IG: silol kopi °Twit: silol kopi °Path: silol kopi & eatery . . Follow: @kupukupumalamjogjaindonesia @autoleather_kupukupumalam @kupukupumalam_autofashion @cototautostyle @sinden_autoperformance @jetcentre_ @linglungkopi @kopi.panggang @gudegkoclok @silolkopi . @motormiring . . . . . . #silolkopiandeatery #silolkopi #silolcafe #siloljogja #nongkrongjogja #jogjakuliner #dinnerromantisjogja #kulinerjogja #foodblogger #jogjafoodies #cafeindo #cafeindonesia #cafejogja #indonesia #kotajogja #jogja #culinary #instagram #cafeblog #jogjadrinks #infojogja #photofood #delicious #instafood #recommended #instagram #video #ig #kopijogja #jogjahits #cafehitsjogja

A post shared by Silol Kopi & Eatery (@silolkopi) on

Hari berikutnya saya bangun pagi-pagi buta pengen liat yang katanya sunrise dari Plataran Borobudur itu keren banget. Eiyaaa saya belom cerita ya kalo saya tuh nginep di Plataran Borobudur ☺️. Ga nyesel bangun jam 4 pagi deh, nih saya kasih liat penampakan matahari terbitnya.

sun rise plataran borobudur

Liburan singkat kali ini banyak saya habiskan di hotel, sayang juga kalo nginep di hotel yang terbilang keren tapi cuma dipakai untuk tidur sama mandi doang. 😆Review sedikit tempat saya nginep di Plataran Heritage Borobudur (ini versi lebih ekonomis dibanding Plataran Borobudurnya itu sendiri).

plataran borobudur heritage

Plataran Heritage Borobudur ini terletak di Magelang yang kurang lebih bisa dicapai dalam waktu 1 jam dari Jogjakarta. Begitu masuk ke area ini, mata kita disejukkan oleh sawah mini sebagai halaman depan dari hotel. Di sebelah lobby ada restoran dengan pemandangan sawah dan pepohonan yang cukup rindang.

plataran borobudur heritage

plataran borobudur heritage

Kamarnya terbilang cukup besar, ada meja kerjanya sendiri, lalu pemandangannya ke kolam renang untuk kamar yang saya tempati.

plataran borobudur heritage

Makanan di restorannya juga enak-enak dan bervariasi, malahan ada makanan bali segala loh, ngga cuma makanan khas jogja (jawa).

Menurut saya buat temen-temen yang pengen nikmatin liburan dengan cara bersantai dan leha-leha, hotel ini bisa jadi pilihan yang sangat menarik. Tetapi kalo kalian cuma butuh tempat untuk istirahat aja ya ngga terlalu rekomen soalnya jauh dari tempat wisata atau dari pusat kota Jogja, kecuali rela untuk nyetir jauh ke sana sini hanya untuk berwisata.

Next setelah sunrise-an dan kerja sedikit, trip kali ini ditutup dengan makan siang di Gudeg yang terkenal Yu Djum Pusat yang ada di kawasan UGM. Yang doyan manis, ya ini gudeg dengan rasa yang cukup manis. Ada beberapa yang mungkin lebih memilih gudeg mercon atau gudeg pawon dan lainnya.

Pengalaman kuliner di Jogja lainnya bakalan saya tulis di postingan berikutnya ya.

Bye Jogja! I’ll see you in two weeks (ceritanya dalam 2 minggu setelah trip ini, saya balik lagi ke jogja buat liburan yang sesungguhnya).

Bocah yang doyan banget makan dan jalan-jalan. Penyuka fotografi dan menggeluti bidangnya sejak 2010. #jalanjajanseru bareng yuk!

One thought on “Liburan 1 Hari Doang di Jogja? Bisa Banget!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *