Review Lensa Fujian 35mm f/1.6 Gokil Bokehnya!

2 minggu berlalu sejak saya meminang Fujian 35mm f/1.6! Cerita sedikit, saya adalah pengguna Sony A6300 sejak hampir setahun yang lalu, pada waktu itu saya membeli kamera tersebut hanya bodynya saja a.k.a body only dan tidak mempunyai lensa apa-apa. Waktu itu biar mengirit budget, saya membeli adapter lensa Canon untuk ke body Sony A6300 (NEX / E-mount) karena kebetulan saya mempunyai lensa 17-40mm f/4 L series milik Canon. Tetapi biasa deh manusia ngga pernah puas karena lensa Canon itu tidak bokehlicious alias ga bisa foto yang bokeh atau blur-blur gitu bekgronnya 😔.

Serunya Liburan Hemat ke Lombok

review fujian 35mm f/1.6

Singkat cerita akhirnya beli lensa milik Sony yaitu 18-105mm f/4 OSS (lensa sapujagat terbaik di kelasnya) dan ga selalu bisa bokeh-bokehan karena ya aperturenya yang besar (f/4). Begitu ada rejeki, saya browsing-browsing cari “racun” sana sini dan sempet kecele juga sebelum memutuskan untuk membeli lensa fujian 35mm f/1.6 ini. Lensa fujian ini merupakan lensa yang digunakan untuk CCTV sebenarnya, tetapi karena kreatifnya orang-orang di dunia ini, jadilah lensa CCTV ini bisa digunakan di kamera mirrorless dengan menggunakan adapter tambahan yang sudah disertakan di dalam paket pembelian.

Baca juga : Ngurus Wedding / Pernikahan Gue Sendiri Dari A sampai Z Dengan Budget Se-Minimal Mungkin

Oke mari kita bahas lensanya ya! Saya membeli lensa ini di salah satu marketplace yang cukup besar di Indonesia dengan harga 400ribuan aja. Isi paketnya lengkap loh yaitu:

  • Lens
  • Lens Hood
  • Lens Adapter (Sony / Fujifilm / Canon)*
  • Front Cover
  • Rear Cover
  • 2x Macro Ring Adapter

review fujian 35mm f/1.6

Pada saat kita pesen lensa ini, kita harus meng-infokan kepada penjual mengenai tipe kamera yang kita gunakan sehingga kita dikirimkan adapter yang sesuai dengan kamera kita. Lensa ini berbahan metal dan kokoh dan sedikit berat tetapi memiliki kualitas yang bisa diacungkan jempol deh untuk harga murah tapi tidak murahan bahkan bisa bersaing dengan lensa yang harga agak mahalan. Kualitas optiknya juga bagus jadi bisa motret dan bikin foto dengan kualitas yang cukup tajam.

f/1.6 ini bisa menghasilkan bokeh yang bisa bikin melongo deh! cakepnya kebangetan! Lensa ini adalah lensa manual jadi cukup seru juga untuk shooting video. Ni beberapa contoh hasil coba-coba selama 2 mingguan.

review fujian 35mm f/1.6

Bokehnya swirly-swirly gimana gitu deh seru banget kan? foto prof calculus di atas itu saya coba pake f/1.6 – f/2 kalo ngga salah ingat (maklum exif ngga kebaca).

review fujian 35mm f/1.6

review fujian 35mm f/1.6 review fujian 35mm f/1.6

Sedikit oleh-oleh dari pasar beringharjo, Jogjakarta. Buat street photography juga masih sedap banget dilihat. Nah yang di bawah ini saya coba foto macro bunga.

review fujian 35mm f/1.6

Gimana? Sudah cukupkah tulisan saya di atas untuk ngoper racun lensa fujian 35mm f/1.6 ini ke kalian semua? Lensa murah meriah yang bokehlicious deh pokoknya nda nyesel. Saya juga sempat merekam video menggunakan lensa ini dan hasilnya sedang proses editing. Akan saya update jika sudah selesai.

Cheers,
Ogie

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *