Ngurus Wedding / Pernikahan Gue Sendiri Dari A sampai Z Dengan Budget Se-Minimal Mungkin

Ngurus Wedding / Pernikahan Gue Sendiri Dari A sampai Z Dengan Budget Se-Minimal Mungkin.

Hari ini, sekitar 3 bulan setelah Wedding! Bingung mau mulai darimana ya enaknya buat bahas tentang ngurusin wedding / pernikahan gw sendiri 😓 karena waktu itu seperti ada segudang hal yang mesti disiapin. Oke gw coba mulai ya 😉.

Sekitar bulan Juni 2017 gw mantap meminang adinda (nama samaran 😘) dan start untuk memikirkan semuanya (kayak judul noh dari A sampai Z) tentunya dibantu sama adinda. Tentunya hal pertama yang gw (kita lakuin) adalah lemaran secara official dengan dateng kerumah adinda beserta orang tua gw.

Step berikutnya adalah pre-wedding yang akhirnya gw buat sederhana di Singapore 😇 dan akhirnya ada tambahan di Bangkok karena memang ada keperluan cari perlengkapan buat wedding juga.

Ngurus Wedding / Pernikahan Gue Sendiri Dari A sampai Z Dengan Budget Se-Minimal Mungkin

Memasuki bulan Agustus 2017 udah mulai nyusun apa aja yang kira-kira dibutuhkan untuk wedding dan seperti yang gw dan lo juga tau bahwa lokasi a.k.a venue wedding adalah yang terpenting. Gw dan calon istri gw (waktu itu, sekarang udah jadi istri 😜) memutuskan untuk ngga mengundang banyak orang, hanya keluarga dan teman dekat saja dengan total undangan hanya 150 (yang disiapin, realnya sih kayaknya lebih 😂) #prepareyourself). Gw sih saranin cari tempat ngga hanya googling, sometimes or a lot of times orang disekitar lo bisa kasih suggestion yang oke banget kayak gw nih. Gw dapet suggestion dari sobat gw yang udah duluan merit di tahun 2017 dan gw langsung cocok begitu liat tempat dan harga yang ditawarkan.

Wedding gw berlokasi di Wyl’s Kitchen (Veranda Hotel) Kebayoran, lokasi yang cocok banget sesuai dengan tema / konsep yang gw mau serta tempatnya yang menampung up to 300 orang dan ada kolam renangnya (outdoor). Gw waktu itu menyewa lokasi indoor (restoran) ples outdoornya (pool side).

Ngurus Wedding / Pernikahan Gue Sendiri Dari A sampai Z Dengan Budget Se-Minimal Mungkin

Oke sebelum gw cerita lebih puanjang lagi, ini gw tulis ya checklist persiapan wedding kemarin (sorry kalo ga urutan, urutin ndiri yak) 😝 :

  • Wedding Venue (Tempat Wedding berlangsung / Gedung)
  • Makanan
  • Dekorasi
  • Wedding Suit and Gown
  • Family Outfit (Orang tua)
  • Kue Pengantin
  • Mobil Pengantin
  • MC
  • Band / Pemain Musik
  • Sound system
  • Undangan
  • Make Up
  • Dokumentasi
  • Catatan Sipil
  • Buku tamu
  • Pendeta / Gereja
  • Wedding Ring
  • Wedding Shoes
  • Cetak Canvas dan foto-foto untuk dekorasi
  • Bahan untuk bestman dan bridesmaid
  • Pawang hujan
  • Souvenir

Nah gitu doang (eh percaya ga cuma “doang“) 😏 ruwet! haha! oke yuk bahas lanjut beberapa hal diatas. Gw BOLD ya dari checklist diatas biar kalo kalian yang baca mau skip langsung hal yang menurut kalian lebih penting. 😁

Untuk makanan kebetulan sudah paket dari lokasi jadi gw sudah ngga perlu pusing lagi. Lokasi sudah gw tulis diatas checklist.

Dekorasi gw dibantu oleh temen kantor yang memang hobby ngedekor (thank you mak frishcka 🤗). Di wyl’s juga ada beberapa rekomendasi kok kalo diperlukan. Bunga-bunga untuk dekorasi gw hunting bareng di pasar kembang rawa belong (jakarta barat) deket binus situ gaes. Dateng kesana, kalo udah dapet pedagang bunga yang cocok, langsung aja minta PINBBnya kontaknya supaya bisa langsung pesen untuk acara nantinya.

Wedding suit dan gown gw bikin di mayestik. Banyak pilihan untuk bikin beginian tinggal pilih yang sreg dihati atau tanya sodara kalian yang pasti udah ada yang pernah bikin di mayestik.

Buat undangan gw bikin desain sendiri dan cetak-cetak sendiri. Semuanya dibantu oleh adinda tercinta. cetak undangan di digital printing deket pasar kebayoran lama buanyak.

Family outfit itu gw serahin ke orang tua masing-masing dengan bahan yang semuanya seragam. Orang tua gw jahit di mayestik juga sedangkan orang tua adinda punya penjahit langganan di dekat rumah. Bahan untuk bestman dan bridesmaid sama dimayestik juga. Jujur sih gw sampe bosen banget ke mayestik karena dalam 2-3 bulan terakhir itu gw bisa belasan kali ke mayestik (ya demi banget bisa ngirit ya kan 🙆🏻‍♂️)

Mobil pengantin gw pake sapphire wedding car bisa googling aja atau cari di bridestory.

Kue pengantin gw pesen di Natasha cake di Jalan Ahmad Dahlan jakarta selatan.

Dokumentasi acara gw dibantu oleh tim sendiri :p (salah satu keuntungan jadi tukang poto) 😎 Thanks Zainul & Pimen. @lumintufotografia (cek IG kita sis) 😚

Make up dan hair do untuk adinda oleh kang mek-ap heitzz @bylizzieparra (cek IG kita sis 😻) dan @anditasy. Sedangkan mek-ap keluarga oleh @makeupbyshinto dan timnya yang kece kece.

Souvenir gw pesen di Bandung berupa tanaman sukulen (temennya kaktus) dengan alasan bisa dibawa pulang sama tamu undangan dan dipajang 🌲 Lupa IGnya apa karena adinda yang pesenin.

Ngurus Wedding / Pernikahan Gue Sendiri Dari A sampai Z Dengan Budget Se-Minimal Mungkin

Pendeta / gereja / catatan sipil dibantu urus oleh adinda tercinta. 😘

Pawang hujan dapet koneksi dari wyl’s kitchen juga 🌾

Nah sisanya yang ngga gw tulis itu dilakukan oleh sodara-sodara deket yang dengan sukarela membantu ❤️

Gw yakin banyak pertanyaan budgetnya berapa? yang pasti dengan ngurus semuanya sendiri (dalam artian tanpa WO atau jasa orang lain), budget bisa sangat ditekan. Dan semuanya balik lagi ke pasangan itu sendiri dalam memilih apa aja yang akan ada di wedding itu ; contoh: kue pengantin aja ada yang dari 2 juta sampe puluhan juta ; gaun pengantin ada yang sewa 3 jutaan sampai puluhan bahkan ratusan juga kalo beli. 🙀

In the end gw mau ngucapin banyak-banyak terima kasih untuk semua pihak yang udah bantuin terjadinya acara ini (formal biar kayak orang-orang) 👏🏻 Orang tua gw dan orang tua adinda serta keluarga besar. Sobat-sobat terdekat yang juga sudah membantu dan meramaikan acara ini. SUKSES! 💃🏻

Well sampai baris ini gw udah nulis hampir 900 huruf (karakter) ♨️ dan sepertinya sudah cukup ya. Nanti kalo ada mau tanya boleh tulis dikolom komentar ya. Semoga membantu temen-temen pembaca.

ps. sepertinya kalo cuman baca pengalaman kayak terasa gampang gitu ya. padahal rambut lurus aja bisa jadi keriting tanpa alat curly 😎🤐

ps.ps semoga dalam waktu dekat bisa publish cerita bulan madu / honeymoon 😸🙏🏻

Cheers,
Ogie 🙏🏻

2 thoughts on “Ngurus Wedding / Pernikahan Gue Sendiri Dari A sampai Z Dengan Budget Se-Minimal Mungkin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *