Tata Cara Klaim TAX / GST Refund di Singapore

Beberapa kali pergi ke Singapore, saya masih belum mengerti benar tata cara untuk klaim GST sampai akhirnya saya memutuskan untuk mencari tahu lewat paman google. Singkat kata GST itu adalah pengembalian pajak dari barang-barang yang anda beli sebesar 5%. Misalnya anda membeli barang seharga Rp. 1.000.000 artinya GST sebesar Rp. 50.000 bisa anda ambil kembali pada saat di bandara nanti. Info dibawah sudah saya terjemahkan menggunakan Google Translate :D. Semoga dapat dimengerti.

GST Refund Singapore

Aturan ini hanya berlaku untuk barang yang dibawa keluar melalui Changi International Airport atau Seletar Airport.

Kriteria yang harus dipenuhi

Anda harus berusia 16 tahun ke atas pada saat melakukan pembelian anda TIDAK boleh:

  • Menghabiskan lebih dari 365 hari di Singapora dalam jangka waktu 24 bulan sebelum tanggal pembelian;
  • Pernah bekerja di Singapore dalam 6 bulan terakhir sebelum tanggal pembelian;
  • Menjadi warga negara atau warga tetap Singapura (Singapore permanent resident); dan
  • Menjadi awak pesawat dari penerbangan yang berangkat dari Singapore,
  • Jika anda memegang status student pass, tambahan kriteria selain di atas, anda hanya memenuhi syarat jika anda memiliki rencana untuk berangkat dan menetap di luar Singapura selama minimum dalam jangka 12 bulan. Aturan ini juga hanya berlaku untuk barang-barang yang anda beli dalam jangka waktu 4 bulan sebelum masa berlaku student pass anda habis. Barang tersebut juga harus dibawa keluar dalam waktu 2 bulan terhitung mulai dari tanggal pembelian.

Kondisi Lainnya

  • Anda harus berbelanja minimum S$100 di toko-toko retail yang berpartisipasi dalam waktu 1 hari. Anda boleh mengakumulasikan hingga 3 bukti pembayaran dihari yang sama dari toko retail yang sama pula untuk memenuhi syarat minimum pembelian yaitu S$100.
  • Barang harus dibawa keluar dari Singapura melalui Changi International Airport atau Seletar Airport dalam waktu 2 bulan setelah tanggal pembelian.
  • Anda harus mengisi formulir pembayaran kembali (gst refund) yang dikeluarkan oleh toko retail yang berpartisipasi.
  • Pribadi yang tercantum dalam formulir tersebut harus datang langsung dan menunjukkan formulir yang sudah lengkapi berserta dengan barang dan bukti pembelian ke counter Singapore Customs Tourist Refund sebelum memasukkan barang tersebut ke bagasi (chek-in).
  • Untuk barang yang berat atau barang yang akan disimpan di bagasi (check-in), tolong pastikan bahwa anda sudah mendatangi counter Singapore Customs Tourist Refund sebelum anda memasukkannya ke dalam bagasi.
  • Barang kecil yang bisa dibawa sendiri juga harus diperiksakan ke Singapore Customs Tourist Refund counter di ruang tunggu keberangkatan setelah selesai dengan urusan imigrasi.
  • Anda harus berangkat dengan barang tersebut dalam jangka waktu 12 jam setelah Singapore Customs mengesahkan atau menyetujui gst refund anda.
  • Anda harus memproses formulir pengembalian pajak yang sudah dikeluarkan oleh Singapore Customs ke toko retail atau agen pengembalian pajak tidak lebih dari 2 bulan setelah tanggal pengesahan formulir tersebut.

Penting!

  • Singapore Customs tidak akan menerima formulir pengembalian pajak (gst refund) yang di fax kepada anda di airport.
  • Singapore Customs tidak akan memproses formulir pengembalian pajak jika anda gagal untuk memperlihatkan barang yang sudah dibeli untuk diperiksa pada saat diminta.
  • Jika anda berangkat melalui Seletar Airport, silahkan pergi ke Immigration & Checkpoints Authority (ICA) Duty Office untuk pengesahan formulir.
  • Mengisi data palsu pada saat mengisi formulir pengembalian pajak yang ditujukan ke Singapore Customs adalah pelanggaran yang serius.
  • Mengambil kembali barang dari ruang keberangkatan atau memberikannya kepada orang lain setelah mendapatkan formulir pengembalian pajak yang sudah disahakn oleh Singapore Customs adalah pelanggaran yang serius.
  • Setiap pelanggaran akan dikenakan denda, hukuman hingga ancaman penjara.

Setelah mendapatkan pengesahan pada formulir pengambalian pajak dan jika anda berangkat melalui Changi International Airport, anda harus:

  • Pergi ke counter Global Refund atau Premier Tax Free jika anda memegang cek Global Refund atau voucher Premier Tax Free. Counter ini berada di ruang tunggu keberangkata setelah bagian imigrasi. Anda bisa mendapatkan pengembalian pajak secara tunai di counter ini. Cara lain, anda juga bisa meminta pengembalian pajak yang langsung dimasukkan ke kartu kredit anda atau rekening bank atau berupa cek; atau
  • Kirimkan formulir pengembalian pajak ke toko retail untuk memproses pengembalian pajak (gst refund) anda, jika anda membeli dari toko retail yang memberlakukan atau memakai aturan ala mereka sendiri. Anda bisa memposkan di kotak post counter Singapore Customs Tourist Refund sebelum meninggalkan Singapura.

Jika anda berangkat melalui Seletar Airport, silahkan poskan formulir yang sudah disahkan ke toko retail.

Datanglah lebih awal ke airport agar anda memiliki waktu yang cukup untuk mengurus segala keperluan pengembalian pajak (gst refund) karena pihak bandara akan membutuhkan waktu untuk mengecek klaim bebas pajak anda.

Untuk informasi lebih lanjut untuk kondisi dan prosedur pengembalian pajak, silahkan klik di sini untuk melihat informasi yang ada di website IRAS ( Inland Revenue Authority of Singapore )

Sumber : Custom Gov SG

One thought on “Tata Cara Klaim TAX / GST Refund di Singapore

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *