Gonta Ganti Shockbreaker NMax Yang Empuk dan Nyaman

Gonta Ganti Shockbreaker NMax Yang Empuk dan Nyaman

Udah jadi rahasia umum kalo shockbreaker standart Yamaha Nmax itu kerasnya bukan main bikin pinggang keropos deh lama-lama 🤕. Hal ini langsung bisa gw rasain pas pertama kali riding Shiró (panggilan sayang buat Nmax gw 😍) tapi awal-awal karena abis nguras kocek banyak ya cuek aja pake yang ada dulu. Beberapa bulan berlalu lama-lama gerah juga nih pinggang terutama kalo kena jalan jelek, lobang dan polisi tidur 😞, uang jajan udah kekumpul lagi untuk ganti shock berharap lebih agak empuk.

Kayaba Zeto untuk Nmax

Waktu itu nyari shockbreaker buat Shiró dengan budget kurang lebih 600-700, browsing ngalor ngidul sana sini yang ternyata shock Nmax itu mahal-mahal gelaaa kalo mau pake after market yang beneran tokcer hasilnya (harga ga boong ya😅) seperti YSS, Kawahara, KTC, Ohlins dan lainnya. Ketemulah sama artikel yang ngebahas Kayaba (KYB) Zeto Nmax yang waktu itu bilangnya lumayan lebih empuk daripada aslinya dan ga pake lama langsung beli di marketplace ijo itu.

Kayaba Zeto Yamaha Nmax

Awal-awal pake berasa lebih baik performanya daripada shockbreaker standart Nmax yang super keras itu. Tapi namanya juga manusia ya kan ga pernah puas 😳 eh engga gitu, ini beneran banget lama-lama kerasa banget masih keras (FYI berat badan gw 70-75 kg tergantung mood 😪) dibawa boncengan pun masih agak keras sampai seringkali istri gw komplen kalo lagi ngga sengaja ngehajar jalan jelek atau lobang 😭 kesimpulan gw bahwa Kayaba Zeto untuk Nmax ini belom cocok sama gw dan Shiró.

2 tahun berlalu…

Udah capek dan makin rentan umur pinggang ini 😖 dan mulai browsing lagi buka forum, blog dan lainnya nyari opini-opini masyarakat pengguna Nmax. Keingetan kalo dulu itu sebelum beli Kayaba Zeto pernah baca juga kalo shockbreakernya X-ride empuk juga kalo dipakai di Nmax. Hampir aja ke bengkel untuk ganti shocknya X-ride, untung aja waktu itu penasaran terus dan buka group fb terus sampai akhirnya ada beberapa anggota yang berkomentar dan kasih review tentang shockbreakernya Honda Supra X 125 yang dipakaikan di Nmax dengan hasil yang memuaskan 😚 bahkan ada yang pake shockbreakernya Honda Astrea Grand loh yang chrome itu 😳 dan hasilnya memuaskan juga.

Baca jugaGanti Ban Tubeless Satria FU

1 mingguan galau…

Bolak balik baca review sana-sini akhirnya mutusin untuk cobain tuh shockbreakernya Honda Supra X 125 dengan harga yang lumayan ga terlalu mahal (Rp. 580.000) sudah dimodif bagian bawahnya agar langsung bisa PNP (Plug and Play) di Nmax. 😍

Gonta-Ganti-Shockbreaker-NMax-Yang-Empuk-dan-Nyaman---Siogie

Hasilnya adalah JRENG JRENGGGGGGGG! PUASSSSSSSSSSS Kayak kingkoil empuknya (LEBAYYY 😏😂🙊) Tapi asli gw puas banget pake shock ini mudah-mudahan ngga kepengen ganti lagi  , istri gw juga bilang ini nyaman! Selesai pasang dari bengkel, biasanya gw ngindarin lobang atau jalanan jelek tapi ini malah gw cari-cari buat ngetest apakah ini beneran sesuai dengan yang orang-orang bilang dan ternyata sangat enak! Serius! Ga bohong (DOSA) 🐿.

Gonta-Ganti-Shockbreaker-NMax-Yang-Empuk-dan-Nyaman

Trus selain shock belakang, shock depan juga ternyata setiap 6-12 bulan harus dikuras dan diganti loh olinya. Baru tau! Gw sekalian kuras oli shock bagian depan dan olinya diganti pake arcoil. Tidak lupa per shock dibalik jadi bagian ulir yang rapat diatas. Untuk hasilnya gw belom terlalu kerasa karena ini belom ada semingguan gw pake, katanya mesti tunggu 2 mingguan dulu kalo ga salah biar kerasa enak arcoilnya. Nanti gw update lagi kalo udah kerasa empuk, yang pasti setelah dikuras dan diganti oli serta dibalik posisi pernya, sangat ada perbaikan performa keempukan shock bagian depan Nmax ini.

Gonta-Ganti-Shockbreaker-NMax-Yang-Empuk-dan-Nyaman---Siogie

Okay segitu dulu ya temen-temen, semoga tulisan ini bisa membantu mentemen yang lagi cari shockbreaker untuk Nmax dengan harga yang ngga bikin kantong bolong tapi nyaman luar biasa. 😄

7 thoughts on “Gonta Ganti Shockbreaker NMax Yang Empuk dan Nyaman

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *