Cara Mudah Untuk Bikin / Ganti E-Passport di Jakarta Secara Online

Tau ngga sih? Bikin Baru / Ganti Passport (paspor) biasa jadi epassport (e-paspor) itu gampangnya bukan main. Gimana engga? Baru aja kemarin (29 Juni 2018) saya bikin e-paspor padahal paspor biasa saya yang sebelumnya masih sisa 2 tahun lagi. Eh maap ngga nyambung ya? Hehehe 😖 Proses wawancara + fotonya ga sampe 15 menit aja kok.

Pertama cukup download aplikasi Antrian Paspor Online di HP Android lalu log-in / daftar kalau belum pernah pake sebelumnya atau bisa juga melalui https://antrian.imigrasi.go.id/. Masukkin data diri lengkap sesuai yang dibutuhkan. Selanjutnya cukup cari lokasi kantor imigrasi yang terdekat dari daerah kalian.

Cara Mudah Untuk Bikin / Ganti E-Passport di Jakarta Secara Online

PENTING! kalian harus tau dulu apakah kantor imigrasi yang dituju bisa melayani pembuatan paspor elektronik atau e-paspor karena pengalaman saya sebelum kemarin sudah pernah bikin antrian dikantor imigrasi jakarta selatan pondok pinang eh ternyata pas hari H ditolak karena tidak melayani e-paspor, alhasil saya antri ulang lagi di imigrasi jakarta selatan yang kelas khusus di Jln. Warung Buncit. 😅

Okay selanjutnya tinggal datang membawa dokumen sebagai berikut:

  • Kartu Keluarga
  • Akta Kelahiran
  • Passport Lama
  • KTP
  • semua yang diatas itu harap di fotocopy

Kalian akan bawa semua dokumen diatas pada saat tanggal yang sudah kalian pilih. FYI aja kalo kalian dapet time slotnya misal jam 11.00 – 12.00 silahkan tetap dateng sepagi mungkin aja misalnya jam 08.00 karena sesampainya disana petugas juga ngga akan nge-cek time slot yang kalian dapat, melainkan langsung scan barcode yang kalian dapatkan dari aplikasi antrian passport online.

Untuk kalian yang bikin baru, nanti akan disuruh mengisi form isian yang cukup mudah, tetapi bagi kalian yang hanya pergantian passport lama ke passport baru atau e-paspor cukup lampirkan fotocopy KTP dan fotocopy passport lama dan nunggu dipanggil.

Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa prosesnya sangat cepat, yang lama cuma menunggu nomor antrian tergantung apakah banyak atau tidaknya orang lain yang bersamaan di slot tersebut.

Paspor biasa selesai dalam waktu 3 hari kerja sedangkan e-paspor atau paspor eletronik selesai dalam 7 hari kerja ke-depan. Pembayaran sekarang sudah dapat dilakukan melalui bank transfer BCA, BNI, MANDIRI, BRI seingat saya. Biaya e-paspor / elektronik passport itu Rp. 655.000.

Kita juga bisa nge-cek secara online melalui WhatsApp Gateway Service apakah paspor kita sudah siap diambil atau belum dengan mengirimkan nomor permohonan ke 0813 8171 0123 dan jika memang sudah selesai, tinggal meluncur ke imigrasi dan ngambil paspor baru kalian. Jangan lupa bawa struk pembayarannya ya. 😁

Cheers,
Ogie

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *